Sunday, January 10, 2016

Islamic Translated Book Reading Challenge 2016 (IsTBRC) - Master Post


Assalamu'alaykum,

Tahun ini IsRC yang sebelumnya pernah diadakan di blog ini, sementara libur untuk mengevaluasi kembali kinerja admin. Jadi, sebagai pengganti semangat berbagi bacaan islami, kamu bisa ikut reading challenge yang satu ini, yang diselenggarakan oleh Evyta di Lensa Buku

Pengen tahu informasi lengkapnya, Yuks...

Aturan Main

  1. Tantangan ini berlangsung dari 1 Januari 2016 – 31 Desember 2016. Jadi bagi yang sudah membaca buku Islam sesuai ketentuan sebelum postingan ini diterbitkan tetap boleh menyetorkan link reviewnya.
  2. Ketentuan buku yang dibaca adalah: Buku-buku agama Islam terjemahan, yaitu yang ditulis oleh penulis luar (bebas negara mana saja) dan diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Umumnya memang yang banyak diterjemahkan di Indonesia itu yang dari negara-negara Timur Tengah, Arab Saudi, India, bahkan Eropa, misalnya seperti penulis Ibnu Taimiyah, Ibnu Katsir, Syaikh Safiyurrahman al-Mubarakfuri, Syaikh Muhammad bin Utsaimin, dan lain sebagainya. Tidak harus terpaku pada penulis yang disebutkan tadi, bebas, yang penting terjemahan.
  3. Genre buku untuk saat ini hanya yang nonfiksi saja. Kategorinya bebas, boleh akidah, fikih, sejarah, motivasi, kisah dan hikmah, dll. Intinya bukan novel atau fiksi.
  4. Buku yang dibaca boleh buku cetak maupun dalam format e-book
  5. Boleh baca ulang buku yang sudah pernah dibaca asalkan belum pernah menulis reviewnya
  6. Membuat ulasan/review/resensi buku yang dibaca dan di-posting di media apa saja (bebas), boleh blog, note FB, review goodreads, tumblr, dll, asalkan postingan disetting untuk umum, sehingga yang bukan friend list tetap bisa melihat isinya.
  7. Bagi yang menggunakan blog, harus membuat master post yang menginformasikan bahwa Anda mengikuti reading challenge ini dan sertakan banner RC di atas berikut link ke postingan saya ini sebagai hostnya.
  8. Setiap ulasan harus menyertakan info bahwa buku yang diulas tersebut diikut sertakan dalam Islamic Translated Book Reading Challenge 2016. Boleh juga mencantumkan link ke postingan master post Anda masing-masing (optional). Intinya supaya orang lain juga mengetahui info Islamic Translated Book Reading Challenge 2016 yang Anda ikuti. Syukur-syukur kalau mereka jadi ingin ikut juga.
  9. Like Facebook page Lensa Buku di https://www.facebook.com/lensabukuku/ atau follow twitter @lensabuku
  10. Mendaftarkan diri melalui formulir di http://www.lensabuku.com/book-challenges/islamic-translated-book-reading-challenge-2016-istbrc/.


Hadiah

Ada tantangan tentu ada rewardnya dong. In sya Allah reward akan dibagi menjadi 2 periode, yaitu periode semester pertama (Juni 2016) dan periode semester kedua (Desember 2016). Hadiahnya apa saja?

  • Voucher buku Islam senilai Rp. 200.000 untuk pemenang pertama
  • Voucher buku Islam senilai Rp. 150.000 untuk pemenang kedua
  • Hadiah hiburan untuk pemenang ke-3, 4, dan 5, berupa masing-masing mendapat 1 buku Islam dari saya

Hadiah ini berlaku untuk masing-masing semester. Jadi tiap semester akan dipilih 5 pemenang yang berbeda. Untuk semester pertama akan dipilih dari keaktifan peserta mulai 1 Januari 2016 sampai akhir Juni 2016. Sedangkan untuk semester kedua akan dipilih dari keaktifan peserta mulai 1 Juli 2016 sampai 31 Desember 2016. Bisa jadi pemenang di semester pertama tidak sama dengan pemenang di semester kedua dan bisa jadi juga sama. Ini akan memberikan kesempatan yang sama bagi peserta yang ikut.

Kriteria Penilaian

Penilaian pemenang didasarkan pada poin berikut:

  1. Jumlah buku yang dibaca dan diulas/review. Semakin banyak, semakin bagus.
  2. Cara penulisan review. Review harus mencakup kesan kamu setelah membaca buku tersebut, kelebihan dan kekurangan buku yang dibaca (kalau ada), serta ulas sedikit apa yang dibahas di dalam buku. Tidak harus memakai bahasa baku, bebas saja.
  3. Cantumkan data buku seperti judul aslinya, judul terjemahannya, penulis, penerjemah, penerbit, jumlah halaman dan lain-lain yang dirasa perlu
  4. Setor Link Review

Setiap selesai menulis review, setor link review bukunya di form di http://www.lensabuku.com/book-challenges/islamic-translated-book-reading-challenge-2016-istbrc/. Lalu share juga link ulasan tersebut ke salah satu media sosial seperti akun Facebook (dengan mention FP Lensa Buku) atau tweet ke twittermu dengan mention akun @lensabuku dan @evytaar (pilih salah satu saja) supaya bisa saya share atau tweet ulang. Jangan lupa cantumkan hashtag #IsTBRC16.

0 comments:

Post a Comment

My Blog List

 

. Template by Ipietoon Cute Blog Design